Rabu, 17 Juli 2013

Lamang Tapai

Bulan Puasa Perbukaan kesukaan anda apa ?
Bulan puasa sebentar lagi kan tiba, bulan suci umat islam ini sangat dinantikan sebagai bulan yang paling banyak amalannya. Apa saja yang baik dan dengan niat baik yang kita lakukan semua mendapat pahala.
Kali ini saya ingin bercerita tentang Lamang Tanjung Ampalu. Lamang Tanjung Ampalu sebenarnya dibuat di Negari Tanjung. Di Negari Tanjungpun tidak semua pembuat lamang, terkenal dengan lamangnya. Setahu saya ada tiga pembuat lamang yang paling terkenal di Nagari Tanjung, beliau adalah Ocu Kiwai, Inyik Dangau Tenggi dan Amai Siar di Langung.
Tabung lamang di Tanjung dapat dipakai berkali kali, dengan cara direndam di sungai Ombilin untuk membersihkannya. Tersebutlah Lubuk Tabokian tempat mandi dan sekaligus tempat merendam tabung lamang. Di tapian ini ada ratusan, mungkin ribuan tabung lamang yang direndam sebelum dibersihkan. Dulu Lamang Tanjung ini menguasa pasar lamang mulai dari Tanjung Gadang, Sijunjung, Pematang Panjang, Solok, Padang Panjang dan Batusangkar. Kalau Tapai adalah tapai putih dari tepung beras ketan biasa, selain itu ada juga tapai siarang dari ketan hitam Tapai yang paling terkenal adalah buatan Ocu Lamsimah Pal Sebelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar