Kamis, 19 Januari 2012

Gangguan Listrik


Listrik adalah bagian biasa dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun demikian sedikit dari kita yang menyadari bahaya-bahaya yang berhubungan dengannya. Perkenalkanlah  para pekerja kepada gangguan-gangguan listrik yang ada ditempat kerja.
Dua bentuk dasar gangguan-gangguan listrik meliputi :
Percikan api listrik adalah satu penyebab tunggal kebakaran pabrik.
·         Kebanyakan kebakaran ini berasal dari instalasi yang tidak tepat dari peralatan listrik dan perawatan listrik yang buruk.
·         Masalah terbesar adalah bahwa kita membiarkan listrik sebagaimana adanya; banyak gangguan listrik tidak tampak.
Sengatan listrik – Parahnya suatu kecelakaan bergantung pada tegangan listrik yang dialirkan pada korban, tetapi  bahaya maut tidak jarang terjadi.
Melacak gangguan-gangguan listrik
Ketahuilah apa yag menimbulkan suatu gangguan listrik dan dimana didaerah kerja anda gangguan-gangguan ini sangat mungkin terjadi.
·         Perkakas dan Alat listrik.
·         Kawat, steker, sambungan kabel, dan lain sebagainya.
·         Peralatan bertegangan tinggi
·         Saklar
·         Listrik statis
·         Sikring dan pemutus arus
·         Lain-lain
Periksalah daerah kerja secara teratur terhadap gangguan-gangguan listrik.
Laporkan gangguan-gangguan listrik segera kepada pengawas anda atau direktur keselamatan.
Tindakan-Tindakan Pencegahan.
Marilah kita sebentar mencoba untuk lebih memahami tentang kelistrikan dan penghindaran sengatan listrik. Salah satu sebab utama gangguan-gangguan sengatan listrik adalah dari perkakas tangan, kabel putus, dan lampu yang mudah dibawa. Semua jenis alat-alat ini semua ditangani oleh para pekerja setiap hari sehingga ada kemungkinan mengalami sengatan dengan peralatan jenis ini. Bagaimana kita dapat mencegah jenis cidera ini ?.
Pemeriksaan – Sebelum menggunakan peralatan jenis ini, periksa dengan seksama untuk meyakinkan tidak ada kawat-kawat yang keluar dan bahwa isolasi dalam keadaan baik.
Penggunaan dengan tepat – Kabel-kabel putus janganlah tergeletak diatas tanah; mereka harus berada diatas udara sekurang-kurangnya 2 meter. Hal ini mencegah kerusakan oleh lalu-lintas dan juga menghindarkannya berada ditempat yang lembab. Semua penerangan sementara harus mempunyai pelindung pada bola lampu; sebuah pegangan bola lampu harus selalu ada bola lampunya. Janganlah menggunakan perkakas listrik di tempat basah tanpa pelindung yang memadai (Alat-alat arus sisa yang dirancang untuk membatasi sengatan listrik pada arus listrik dan jangka waktu yang tidak akan menimbulkan cidera yang serius).
Pemeliharaan – Jagalah selalu peralatan listrik anda dalam kondisi baik; misalnya, apabila kabel menjadi aus, hubungi seorang ahli listrik untuk memperbaikinya.
Pembuatan arde – Jangan jadikan tubuh anda menjadi bagian dari aliran listrik antara satu kawat dengan lainnya, atau antara satu kawat dan tanah. Janganlah bekerja  langsung pada suatu sirkuit listrik bertenaga.
Selalu :
·         pisahkan
·         isolasikan, dan
·         buatkan arde
Gunakan selalu :
·         perkakas yang tidak menghantar listrik atau yang diisolasi
·         peralatan pelindung  diri (yaitu sarung tangan untuk tegangan tinggi yang sudah teruji, tikar, penutup lengan, dan lain sebagainya)
·         tara-cara penguncian/penyegelan pada pemutus dan saklar  yang tepat.
Isolasi terdiri dari bahan-bahan yang tidak menghantar arus atau tidak mengandung listrik seperti pernis, cat, karet, plastik, pita-pita khusus, dan lain sebagainya.
·         Siapa yang ditugasi menggunakan alat pemeriksa
·         Kapan menggunakan alat ini
Pertolongan Pertama terhadap Korban Sengatan Listrik (Teknik-teknik Peragaan)
-Pernapasan dari mulut ke mulut
-Penekanan jantung dari luar (diperlukan petunjuk
profesional)
-Perawatan luka bakar karena listrik.
Ingat bahwa semua tegangan listrik dapat mematikan. Janganlah sok berani dan yakini berbahaya.
Kecelakaan-kecelakaan karena listrik tidak terjadi begitu saja. Selalu ada beberapa indikator utama keselamatan sebelum suatu kecelakaan terjadi. Waspadalah dan tandai indikator-indikator sebelum terjadi suatu kecelakaan.
Posted: 16 Jan 2012 10:06 PM PST, Artikel K3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar